Senin, 08 September 2008

dc/marvel?


banyak orang orang bertanya mana yang lebih bagus marvel/dc,apa sih kelebihan kekurangannya?

disini saya akan mencoba membantu,publisher mana yang kalian mungkin akan lebih tertarik untuk membacanya.

kalau saya simpulkan dari segi cerita(maaf kalau sok tahu),saya bisa bilang bahwa marvel alur ceritanya lebih ke box office,mereka membuat cerita dimana para pembaa dimanjakan oleh penuh aksi,high explosive,great fighting scene,kisah drama cinta dan drama kehidupan juga diangkat oleh marvel.sedangkan dc menurut saya lebih ke penulis idealis/novel buk,arena mereka lebih mengangkat cerita dibandingkan high action yang ditawarkan oleh marvel,ketika saya membaca dc saya tidak merasa tergagnggu karena pembawaan cerita di dc sangat mengaggumkan sehingga kita bisa dibuat tdk memerlukan adegan action.namun marvel saya bilang bisa lebih mudah dibaca karena dc mempunyai beberapa universe yang sangat ruimit sedangkan marvel begitu mudah dan ringan dibaca.

namun top sales comic permingu tidak menentu lebih hebat dc/marvel,karena mereka mempunyai jagoan keluaran komiknya misal saja dari event,secret invasion dari marvel bertarung dengan dc final crisis
,dari segi komik mingguan saya bisa bilang dc lebih unggul sedikit dr marvel komi on oing series batman R.I.P misalnya belum belum ada saingan untuk itu,dan seri detcetive dan action comics dan juga ditamabah serial green lantern&green lantern corps,seri jla, jsa, teen titans dan titans pun juga menjadi line up yang baik bagi dc dari segi serial,namun marvel juga punya jagoan di linenya sebut asaj new avengers,mighty avemgers,astonishing x men,captain america,wolverine dan tentunya sang spiderman, judul seperti thor dan hulk pun sekrang juga menjadi jagoan marvel.namun tetap saja menurut saya dc pilihan untuk serial lebih banyak,namun untuk dari segi event saya lebih menyukain marvel.

dari segi penulis seperti saya sudah bilang tadi marvel punya line up yang sama hebatnya dengan dc
penulis sperti Brian Michael Bendis(New&Mighty Avengers,Secret Invasion),Mark Millar(fantastic4,Ultimates2),Ed Brubaker(captain america,Immortal Iron Fist),Dan Slott(Avengers:Initaitive) mengahadapi para penulis dari dc tiap minggunya sperti Geoff Johns(Green Lantern,Green Lantern Corps),Grant Moriosson&Paul Dini(Batman),Brad Meltzer(JLA),.
namun cara penulisannya dari ke2 publisher sperti saya bilang tadi berbeda dari high action marvel dan dc seperti membaca novel.
Dari segi artis,itu maslah selera kita semua top artist dari marvel sperti Leinil Yu(Secret invasion),Billy Tan(x-men),Mark Silvestri(astonishing Xmen),Steve Epting(captain america) dan sedangkan dc ed mcguiness(JLA),JG JONES(Final Crisis),Jim Lee(all star Batman).

Kalau segi fisik karakter Marvel lebih modern dan sealu terbawa jaman sedngakn dari dc lebih bersifat clasc dan dinamis namun tetap keren dan enak dilihat.

2 komentar:

Unknown mengatakan...

bay, bahas tentang komik non major dong.. darkhorse, image.. kan banyak yg keren...

house of baya mengatakan...

yah per namnya juga masih newboy di dunia ini,biasanya kan newboy bacanya dc da n marvel,gw msh blm tertik juga baca withcblade,wildcats dll ,next time deh per ok??