Kamis, 08 Januari 2009

The Watchmen


Watchmen adalah komik 12 edisi(1986 - 1987) diciptakan oleh Alan Moore dan Dave Gibbons sebagai penggarap artnya komik tersebut. Berbeda dengan komik komik yang keluar di tahun itu Watchmen mengeluarkan unsure yang berbeda dengan komik komik dahlu yang sedang keluar, tidak terisi dengan paket isi full action namun, unsur utama yang membuat menarik dan nyaman dari buku ini adalah tema kemanusiaan yang diangkat oleh Alan Moore. Buku ini sangat mengingatkan bahwa semua manusia mempunyai keterbatasan keterbatasan dalam dirinya dan tidak akan menjadi sempurna.

Buku Watchmen juga merupakan salah satu dari 100 best english novels of all time menurut times magazine. Namun buku ini disediakan dengan bahasa yang agak berat dan cerdas. Ada baiknya kita harus membacanya berulang kali suatu dialog untuk benar benar ingin mengerti arti dari dialog tersebut. Untuk buku cerita yang sangat seru ini ,yang cukup membuat kaget,bahwa komik ini bukan buku full action idaman para superhero melawan para penjahatnya tapi mereka melawan keburukan mereka masing masing.Buku inipun telah mendapat pengharagaan penghargaan besar. Kolaborasi Alan Morre dan David Gibbons ini dianggap salah satu karya yang paling orsisnil dan belum ada yang bisa menandinginya.

Buku ini berseting di tahun yang sama 1986, dimana di masa itu perang vietnam terjadi dan ancaman perang nuklir antara Amerika Serikat Ddan Rusia sedang terjadi. Cerita ini diawali oleh suatu pembunuhan salah satu anggota grup hsuperhero yang sudah bubar Watchmen,yang membuat suatu kecurigaan oleh karakter dan mantan anggota Watchmen bernama Rorscach yang mempuyai pikiran pembunuhan ini adalah awal dari suatu malapetaka dunia. Lalu Roschach mulai mengingatkan teman temannya yang dulu merupakan mantan partnernya di perkumpulan superhero untuk agar lebih waspada terhadap pembunuhan ini.Lalu mulai dia mendatngi teman temannya sperti Nite Owl,Silk Pectre Ozymandias dan Dr.Manhttan.Berawal dari konsep yang begitu simple inilah buku ini mulai berjalan. Pmikiran dan penyelidikan yang dalam , kisah cinta, action ,sosialisme terangkup rapih dalam 12 edisi komik ini.

Yang membuat buku ini menjadi menarik adalah pemilihan karakter utama dipilih oleh para pembaca. Buku ini menyediakan sudut pandang masing masing karakter penting di buku ini secara sangat dalam.
Dan yang membuat menarik lagi karakter semua superhero yang ada di buku watchmen adalah manusia biasa yang tidak mempunyai kekuatan super(kecuali Dr.Manhattan
).Dan karakter tokoh tokoh itu sangat unik dan tidak akan ditemukan dalam komik komik lain.Penokohan yang dilakukan Alan Moore sangat baik dari kebaikan sampai keburukan para karakter diungkap tuntas.

(arah jarum jam ki-ka Ozymandias, The Comedian, Dr.Manhattan,Nite Owl,Silk Spectre, Roschach)



Silk Sperctre
Laurie Juspeczyk menjadi seorang superhero setelah didorong oleh ibunya untuk menggantikan peran ibunya untuk mwalaean kejahatan.Dia adalah kekasih dari Dr.Manhattan ,ia benar benar mengajarkan Dr.Manhattan untuk mengerti apa artinya menjadi seroang manusia biasa.

Nite Owl
Dan Dreiberg adalah Nite Owl ke2 setealah menggantikan mentornya Hollis Mson.Ia adalah gadget man dalm tim ini,ia menciptakan barang barang untuk membantu dirinya memberantas kejahatan. Dan adalah contoh orang yang memberantas kejahatan tidak harus mempunyai masa lalu yang keras dan kelam.

Ozymandias
Adrian Veidt harus menunggu orang tuanya meninggal sampai ia dapat menunjukan kemapmuannya yang disinyalir sebagai manusia terpintar di bumi, Ia menjadi superhero karena mempunyai influence dari karakter Alexander yang Agung.

Roschach
Topeng yang dimilikinya adalah marupakan sketsa salah satu gambar kartu Psikologi bernama Roschach.Walter KOvacs lah yang pertama memulai menyilidki akan pembunuhan ini akan menjadi hal yang besar untuk dunia. Ia adalah pembela kebenaran bagi orang yang melanggar aturan sekecil apapun dan karena itupun ia adalah buronan para polisi

Dr.Manhattan
Jon Osterman adalah makhluk terkuat bummi setelah mengalami kecelakaan ketika ia bekerja di laboratorium tempat ia berkerja.Dengan kemampuannya yang melbihi kemampuan manusia ia sering lupa kalu ia juga merupakan seorang manusia juga.

Comedian
Edward Blake aalh seorang patriot Amerika yang merupakan tentara bayaran pemerintah yang sadis dan menghalalkan segala cra agr tujuannya tercapai.Ia juga merupakan seorang tokoh kunci dalam buku ini.

Film

FILM

Dengan kesuksesan besar komik ini tidak heran mengapa banyak produsen film ingin mengangkatnya ke layer bioskop sejak tahun 1991. Semenjak itupun bahkan sama[i masa produksi yang dsudah dilakukan semenjak 2007 kemarin, pihak Paramount dan Warner Brothers pun saling berperang masalah hak penagngkatan film. Sampai akhirnya Warner Brothers yang berhasil mengeluakannya. Pilihan pertama Warner Brothers untuk menyutradarai film ini adalah Zack Snyder , sutradar yang berhasil mencuat hanya dari pembuatan 2 filmnya yang meledak di box office,300(2007) dan Dawn Of The Dead(2004). Zack Snyderpun tidak langsung menerimanya karena ia sempat menolaknya beberapa kali ,karena mearasa dirinya tidak sanggup membuat film ini karena terlalu kompleks dan kesuksesan berat komik Watchmen adalh suatau hal yang sanagt berisiko. Hollywood ingin film full action tapi cerita inti the wacthmen bukanlah itu. Sampai akhirnya Zack Snyder Menyetujui film watchmen tersebut. Dan aktor aktris yang dibawa zack bukanlah bintang bintang besar.Walaupun rumor nama nama seperti Keeanu Reeves, John Cussack ,Jude Law masuk dalam daftar rencana Warner Brothers. Tapi Zack pun puny aide lain memanggil bintang bintang menengah seperti Patrick Wilson, Billy Cudrup , Matthew Goode, Jeff Dean Morgan , Jackie Haley dan Malin Akerman.Film ini pun di relesa di dunia tanggal 6 Maret 2009 diaman penghasilan pembukaan film ini begitu luar biasa. Dan sampai tanggal 20 April 2009 film ini mendapatkan posisi ke-4 sebagai film dengan pendapatan yang tertinggi selama tahun 2009 ini sebanyak $179,913,305. Namun kesuksesan financial berbeda dengan kritikan kritikan dari para kritikus yang sangat berbeda beda. Film ini dianggap menimbulkan pertentangan yang antara para kritukus dari nilai paling bagus hingga buruk. Film ini dinilai tidak bisa menyampaikan pesan pesan sosial yang ada di komik secdara baik namun dari segi film ,ini adalah salah satu film yang hebat.





berikut adalah trailer trailer resmi film the watchmen dan satu video eksklusif tentang gambaran buku WATCHMEN




1 komentar:

Tommy Sibarani mengatakan...

keren bay..

at least gw sebagai orang yang ga tau watchmen,setelah baca blog lo, bisa sotoy dikit lah ntar pas film nya keluar.. hahaha